Kelebihan dan Kekurangan Container Rumah

Tagadatsointsoin – Bagi teman – teman mungkin sudah tak asing lagi dengana container termasuk kantor container. Tapi tahukah teman – teman, selain kantor container, ternyata container juga bisa dijadikan sebuah rumah loh! Container rumah merupakan rumah yang terbuat dari kontainer kargo baja yang digunakan untuk mengangkut kargo melalui laut. Dengan sebuah container kecil, ternyata teman – teman bisa membuat rumah sederhana yang tetap nyaman saat ditempati. Untuk menambah luas dan ukuran rumah, teman – teman hanya perlu menambah jumlah kontainer. Selain karena tren, minat masyarakat global terhadap rumah kontainer sangat besar juga dikarenakan sebagai bentuk upaya penghematan untuk membangun rumah baru. Selain itu, ada pula anggapan bahwa rumah kontainer dapat berkontribusi bagi lingkungan melalui upaya daur ulang. Namun, apakah rumah kontainer benar-benar pilihan yang tepat untuk teman – teman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita kenali dulu kelebihan dan kekurangan dari rumah kontainer berikut ini.

Kelebihan dari Container Rumah

1.Adanya penerapan konsep prefab atau prefabricated

Banyak rumah kontainer telah diadaptasi untuk dijual sebagai rumah prefabrikasi atau prefabrikasi. Alhasil, proses pembangunan rumah kontainer juga memakan waktu lebih sedikit. Omong-omong, sebagian besar prosedur pemeriksaan juga dilakukan secara langsung di pabrik, yang juga mempersingkat waktu kerja di rumah teman – teman. Bahkan jika teman – teman lebih suka mendesain rumah kontainer teman – teman sendiri, struktur kontainer saja sudah cukup sebagai struktur dinding, lantai, atap atau langit-langit.

2.Pengiriman Jauh Lebih Mudah

Kebanyakan kontainer diproduksi di luar negeri, terutama di negara-negara Asia. Namun bagi teman – teman yang sedang berada di Indonesia tidak perlu khawatir karena kontainer sangat mudah diangkut dari satu negara ke negara lain. Dan begitu kontainer pesanan teman – teman tiba, tidak kalah mudahnya untuk diangkut ke lokasi konstruksi, terutama setelah fondasi bangunan disiapkan.

3.Biaya Menjadi Lebih Mudah Diestimasi

Sebagian besar pekerjaan dilakukan di pabrik kontainer dengan harga tetap dan bahkan dimasukkan sebagai biaya tetap dalam harga kontainer. Kemudian biaya lain seperti biaya pengiriman, penyiapan lokasi, pondasi, konstruksi dan adaptasi adalah biaya variabel. Meskipun rumah kontainer tidak selalu lebih murah daripada membangun rumah biasa, teman – teman lebih mungkin dapat memperkirakan biaya total dengan lebih akurat.

4.Adanya Proses Daur Ulang

Manfaat yang satu ini bisa teman – teman pertimbangkan jika benar-benar memperhatikan faktor lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan wadah yang telah digunakan sebagai bahan konstruksi rumah, teman – teman dapat mengurangi tumpukan skrap jika wadah tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Kekurangan Container Rumah

1.Adanya Masalah pada Struktur Rumah Container

Container rumah sangat kuat di sudut-sudutnya, tetapi berbeda di atapnya. Bergantung pada kondisi wadah yang teman – teman beli, teman – teman mungkin perlu membangun atap lain di atasnya. Selain itu, permukaan dinding yang bergelombang juga perlu mendapat perhatian khusus. Jika teman – teman akan memotong bagian dinding untuk jendela atau pintu, teman – teman memerlukan penyesuaian khusus untuk mempertahankan strukturnya. Dan jika teman – teman perlu “menumpuk” container untuk rumah dengan lebih banyak lantai, pengelasan khusus harus dilakukan dan prosedur ini mahal.

2.Adanya Risiko Terkontaminasi Bahaya

Tidak banyak pembeli yang mendapatkan informasi tentang jenis kargo apa yang diangkut oleh container yang dibeli. Bisa jadi kargo tersebut hanyalah barang yang tidak berbahaya seperti tas atau keperluan rumah tangga, dan bisa juga kargo tersebut merupakan bahan kimia berbahaya.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari container rumah. Semoga bermanfaat bagi teman – teman dan terimakasih telah membaca!