Tips Merawat Kaftan Bahan Sifon

Tagadatsointsoin –¬†Apakah Anda pecinta kaftan? Apakah Anda suka kaftan sifon, selain katun? Bahan ini sangat ringan saat digunakan dan memberikan efek elegan dalam sekejap. Tapi, tahukah Anda bahwa kain sifon membutuhkan perawatan ekstra? Jika tidak, sifon akan mudah robek dan kaftan tidak dapat digunakan lagi. Penasaran seperti apa perawatan yang harus Anda lakukan dengan kaftan sifon? Berikut 7 tips Naisha Hijrah merawat bahan kaftan sifon agar awet dalam waktu yang lama.

1. Cuci kaftan sifon dengan tangan agar kualitasnya tetap terjaga

Ketahui jenis sifon. Ada berbagai jenis bahan sifon, mulai dari sifon, poliester dan rayon crepes. Untuk menghindari cepat rusaknya kaftan, cuci kaftan dengan tangan secara perlahan dan hindari di mesin cuci jika tidak ingin benang tertarik dan robek pada kain sifon. Untuk mencuci kaftan sifon, cukup rendam dalam ember dengan deterjen ringan. Hindari juga mencampurkan pakaian sifon dengan warna lain yang mudah luntur. Karena bahan sifon menyerap warna dengan sangat cepat, sulit untuk menghilangkan perubahan warna. Setelah direndam, gosok perlahan agar tidak merusak tekstur kain sifon.

2. Taburi bedak bayi jika ternoda

Tak jarang, kaftan sifon kerap diwarnai dengan label makanan atau minuman. Karena kain sifon memiliki tekstur yang mudah menyerap warna dan noda, maka sulit dihilangkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan trik jitu untuk menghilangkan noda, seperti menggunakan bedak tabur atau bedak bayi. Taburkan bedak atau bedak bayi di atas noda agar tidak tercetak di kaftan. Tunggu beberapa saat lalu cuci dengan tangan. Namun, jika pakaian sifon Anda tidak sengaja terkena gusi, jangan langsung dibersihkan. Hal ini bisa merusak tekstur kain sifon. Gunakan es batu terbaik sampai gusi mengeras sehingga gusi bisa dilepas dari pakaian Anda.

3. Hindari mengekspos kaftan ke sinar matahari langsung

Setelah kaftan dicuci bersih, sekarang saatnya mengeringkannya dengan benar. Bahan sifon memiliki tekstur yang tipis dan sangat lembut, jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Karena akan merusak kaftan sehingga mudah robek. Agar kaftan tetap awet, Anda bisa mengeringkan baju sifon setelah dicuci dengan cara digantung di hanger dan diangin-anginkan saja. Biarkan mengering secara alami agar kaftan sifon tahan lama dan tidak mudah rusak.

4. Pilih kukusan untuk menghaluskan kaftan daripada menyetrika

Jika ingin menyetrika kaftan yang satu ini harus hati-hati. Jika tidak, kaftan akan mudah robek dan rusak. Hindari kain sifon secara langsung tanpa menggunakan pelapis, karena kain sifon mudah terbakar. Jika Anda merasa kaftan terlihat kusut, sebaiknya gunakan alat pengukus untuk membersihkannya. Namun jika belum punya, sebaiknya lapisi kain sifon dengan kain lain yang lebih tebal saat menyetrika. Kemudian gunakan setrika yang tidak terlalu panas untuk merusak kain sifon yang tipis dan lembut.

5. Simpan kaftan dengan cara digantung untuk menjaga tekstur dan bentuk yang baik

Tentunya untuk menjaga tekstur dan bentuk dari busana kaftan sifon, Anda perlu menyimpannya dengan baik. Setelah disetrika dengan rapi, simpan koleksi pakaian sifon Anda di dalam lemari dengan cara menggantungnya. Gantung koleksi pakaian sifon Anda dengan gantungan berlapis busa agar tidak mudah tersangkut saat dipadukan dengan pakaian lain. Hindari penyimpanan dengan cara melipatnya ya, karena hal ini akan merusak tekstur bahan. Namun, jika perlu dilipat, Anda harus menutupinya dengan kertas terlebih dahulu.

6. Tutupi kaftan dengan plastik agar tidak lengket atau berdebu

Selain digantung, Anda juga bisa merawat kaftan dengan cara melapisinya dengan plastik bening atau plastik laundry bekas. Cara ini dipilih agar kaftan atau payet kaftan tidak tersangkut dan rusak saat lemari dibuka. Selain itu, jika kaftan jarang digunakan dengan bantuan plastik, Anda juga bisa menghindarinya dari zat pengiritasi.

7. Lihat petunjuk perawatan pada label kaftan

Selain petunjuk di atas, Anda bisa melihat petunjuk perawatan sifon-kaftan pada bagian label kemeja kaftan agar sempurna. Apalagi jika kaftannya modern, modelnya pun beragam dengan detail manik-manik atau potongan kaftan unik sehingga membutuhkan perawatan ekstra agar tahan lama.